Proposal Kewirausahaan Bak Mandi Bayi Dari Botol Bekas



PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN
BAK MANDI BAYI DARI BOTOL BEKAS

Disusun Oleh :
Kelompok 1
1.      A.Triska Oktavika S.N
2.      Cici Chinta Utami
3.      Juwariah
4.      Nedya Ayu Paramitha
5.      Rini Tariyati

KELAS : IIA

AKADEMI KEBIDANAN ADILA
BANDAR LAMPUNG
TAHUN 2017

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga kami dapat menyusun proposal ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam proposal ini kami membahas mengenai tugas Praktik Kewirausahaan yang bermaksud untuk membuat kerajinan ‘’ Bak Mandi Bayi’’.
Proposal  ini dibuat dengan berbagai bantuan dari berbagai pihak untuk membantu menyelesaikan tantangan dan hambatan selama mengerjakan proposal ini. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. 
Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada proposal ini. Oleh karena itu kami mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun kami.
Akhir kata semoga proposal ini dapat memberikan manfaat bagi kita sekalian. 



Bandar Lampung, 20 Februari 2017



Penulis






DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR………………………………………………….
DAFTAR ISI……………………………………………………………
BAB I PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang………………………………………………
2.      Visi……………………………………………………………
3.      Misi……………………………………………………………
4.      Tujuan……………………………………………………….
BAB II PEMBAHASAN
            2.1. Usaha Yang Dijalankan…………………………………….
            2.2. Analisa Peluang Usaha……………………………………..
            2.3. Metode Pemasaran………………………………………….
            2.4. Target Konsumen……………………………………………
            2.5. Target Pemilihan Lokasi………………………………….
BAB III METODE PELAKSANAAN
            3.1.Produk atau Barang………………………………………..
            3.2.Gambaran Produk………………………………………….
            3.3.Rincian Modal……………………………………………….
            3.4.BEP (Break Event Point)……………………………………  
BAB IV PENUTUP
1.      Kesimpulan…………………………………………………
BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. kerajinan tangan yaitu membuat barang ataupun produk yang dilakukan secara manual dengan menggunakan tangan yang memiliki keindahan dan daya jual. Kerajinan tangan bisa saja dihargai dengan cukup mahal tergantung dari kualitas dan kerumitan kerajinan yang dihasilkan. Dengan kreatifitas yang anda miliki untuk menciptakan kerajinan maka tanpa anda sadari anda dapat menciptakan usaha baru. Usaha kerajinan ini dapat menjadi usaha yang menjanjikan apabila anda ulet dalam menjalaninya.
Disekitar kita barang-barang bekas seperti botol-botol  bekas sudah tidak asing lagi bagi kita. Sehingga kita menuangkan ide untuk membuat kreasi dengan bahan dasar dari botol  bekas menjadi sebuah hiasan dengan bentuk kumbang kepik yang menarik dengan dihiasi  dengan warna yang menarik yang berasal dari cat,pilok,dan sebagainya,sehingga bisa menjadi suatu yang bernilai lebih dan mempunyai nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan botol-botol plastik yang hanya digunakan saja tanpa dituangkan ide-ide yang menarik.
Melihat potensi lingkungan sekitar sekarang masih sangat jarang yang mengkreasikan daur ulang barang-barang bekas menjadi sebuah benda yang bermanfaat dan mempunyai nilai jual yang lebih. Daur ulang botol-botol ini disajikan dengan berbagai macam warna-warna yang dituangkan di botol tersebut dengan warna-warna yang mencolok dan cerah dan sebagainya serta ada juga warna yang sesuai dengan pesanan yang mempunyai ciri khas berbeda. Dengan ini kami mengharapkan dapat menggaet atau menarik pelanggan untuk mencoba membelinya. Oleh karena itu peluang usaha dibisnis ini bisa dikatakan cukup menjanjikan karena masih jarang pesaing dalam bisnis ini.
Bak mandi bayi ini di buat bukan semata harus memiliki modal yang besar karena sebagian besar usaha ini memanfaatkan barang bekas .Di kampus saya, terdapat suatu perencanaan, berupa perencanaan usaha yang meliputi:menghasilkan produk, pemasaran dan jasa. Dengan melihat analisa tersebut kami ingin memberikan suatu solusi untuk kalangan mahasiswi Akbid Adila Bandar Lampung yang berkreasi membuat bak mandi bayi untuk diperjualbelikan dengan harga yang terjangkau.
2.      Visi
Dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan terjamin dan menjadikan kewirausahaan ini menjadi home industry untuk mengisi waktu luang mahasiswa. Sehingga waktu mereka tidak terbung begitu saja, akan tetapi dapat membawa manfaat yang besar, karena waktu adalah emas.
3.      Misi
1.      Mengembangkan jiwa wirausaha dan melatih kemandirian dengan membuka usaha atau bisnis sendiri.
2.      Mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh dalam menjalankan suatu usaha.
3.      Menjadi manusia yang bermanfaat mulai dari diri sendiri,keluarga,nusa dan bangsa.
4.      Meningkatkan potensi kreatifitas yang inovatif dan ketrampilan seseorang untuk  berwirausaha.
5.      Untuk mengarahkan pola pikir seseorang agar menjadi pencipta atau membuka lapangan pekerjaan bukan sebagai pencari kerja saja.
6.      Memberikan suatu pemahaman dan memperkembangkan jiwa kewirausahaan seseorang.

4.      Tujuan
Tujuan Umum
1.      Meningkatkan rasa kebersihan lingkungan dengan memanfaatkan barang-barang bekas
2.      Melatih mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik
Tujuan Khusus
1.      Menambah pengetahuan tentang berwirausaha
2.      Menjadikan mahasiswa lebih kreatif
3.      Proposal ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan













BAB II
PEMBAHASAN
2.Profil Badan Usaha
4.1.Usaha Yang Dijalankan
Produk usaha yang kami jalankan dalam membuat bak mandi bayi dari botol bekas
4.2.Analisa Peluang Usaha
Produk usaha yang kami buat terbuat dari bahan bekas pakai yang ada di asrama Akbid Adila seperti botol bekas dan kawat  yang sudah tidak layak untuk digunakan.
4.3.Metode Pemasaran
Pemasaran/promosi  produk ini dilakukan melalui media social ataupun brosur atau juga langsung promosi didepan konsumen. Dapat juga dijual pada konsumen yang membutuhakan.
4.4.Target Konsumen
Dari hasil produk yang kami buat dapat mencapai target yang sesuai dengan hasil keuntungan dari penjualan kami
4.5.Target Pemilihan Lokasi
Kami akan menjualkan produk ini ke :
1.      Ibu-ibu yang memiliki bayi
2.      Ke baby shop yang ada di Bandar Lampung
3.      Berbagai pasar tradisional yang ada di Bandar Lampung






BAB III
METODE PELAKSANAAN

3.1.Produk atau Barang
Alat dan Bahan
1.      Botol bekas
2.      Perlak
3.      Kawat
4.      Cutter
5.      Gunting
6.      Doubletip / lem
7.      Cat
8.      Hiasan lampu
9.      Kuas
Cara Kerja :
1.      Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
2.      Setelah botol dibersihkan, beri lubang pada stiap tutup botol
3.      Susun botol membentuk bak mandi bayi
4.      Lalu masukkan kawat ke lubang tutup botol satu ke botol yang lain agar botol tersebut dapat berdiri kokoh
5.      Cat botol yang sudah terbentuk
6.      Jika cat tersebut sudah kering, pasang perlak yang sudah diukur sesuai bentuk bak tersebut
7.      Kemudian beri hiasan dibagian pinggir bak mandi agar terlihat indah
8.      Bak mandi bayi siap untuk digunakan.


3.2.Gambaran Produk


3.3.Rincian Modal
No.
Alat dan Bahan
Harga
1.
Botol bekas
      -
2.
Perlak
Rp 10.000,-
3.
Kawat
      -
4.
Cutter
Rp  5.000,-
5.
Doubletip/Lem
Rp  4.000,-
6.
Cat
Rp 12.000,-
7.
Hiasan
Rp 50.000,-   
8.
Kuas
Rp  2.000,-

Jumlah :
Rp 33.000,-

3.4.BEP (Break Event Point)
Jangka waktu target untuk pengembalian modal kesehatan dari awal pembuatan usaha kami menargetkan 3 minggu modal akan kembali.

 


BAB IV
PENUTUP
1.      Kesimpulan
          Setelah melalui pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa usaha dari Bak Mandi Bayi  ini sudah sangat layak untuk dijalankan. Dalam cara menjalankannya pun terlihat tidak terlalu sulit, sehingga proses penjualannya pun tidak terlalu memakan waktu dan fikiran terlalu banyak. Setelah itu, modal yang diperlukan untuk menjalankan bak mandi bayi  ini pun tidak terlalu banyak, sehingga tidak akan terlalu menyulitkan pembelajaran mahasiswi. Waktu pelaksanaannya pun dilaksanakan pada saat jam mata pelajaran.
          Akhir kata, besar pengharapan kami untuk memperoleh keuntungan dalam kegiatan Program study kewirausahaan. Karena setelah dilakukan penghitungan, ternyata keuntungan yang didapatkan dari program ini selain manfaat pengetahuan, relasi, kami juga memperoleh keuntungan dalam bentuk materi. Materi tentunya adalah suatu hal yang sangat berharga, apalagi apabila materi tersebut diperoleh oleh mahasiswi yang masih belum memiliki penghasilan sama sekali.













Komentar

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  2. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - MapYRO
    Find https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ your way around the 출장안마 casino, find where everything is located with https://tricktactoe.com/ the most up-to-date information หารายได้เสริม about Harrah's Cherokee Casino & Hotel in Cherokee, aprcasino NC.

    BalasHapus

Posting Komentar